Rabu, 14 Februari 2018

Sistem Akuntansi



1.       Sistem akuntansi => metode & prosedur u/mencatat & melapokan informasi keuangan yang disediakan bagi perusahaan/suatu organisasi bisnis.

2.       8 sistem akuntansi umum :1.Sistem akuntansi pokok=> organisasi formulir,catatan & laporan. 2.Sistem akuntansi piutang. 3.s.a utang. 4.s.a penggajian & pengupahan. 5.s.a biaya. 6.s.a kas. 7.s.a persediaan. 8.s.a aktiva tetap.


3.       Penerapan s.a dlam bisnis: *canceled check=> cek yang telah diterima kembali oleh pembuat cek melalui sistem perbankan,setelah cek tsb digunakan sbg alat pembayaran. *voiced check=> cek yang rusak dan dibatalkan oleh pembuat cek sbg alat pembayran. *cod sale=> transaksi keuang dimana pembayaran dilakukan stelah brang diantar dan diterima oleh pembeli. *over the counter sale=> sistem penjualan yang pembeli dtang ke perusahaan,melakukan pemilihan brang,melakukan pembayaran harga brang kekasa,dan menerima brg yg dibeli. *unattended gasoline station=>tempat penjualan bensin yang tidak dijaga oleh orang,mengisi sendiri bensin kekendaraannya dan membynya dengn kartu kredit. *credit card business=>pembiayaan untuk pembelian barang dan atau jasa dengan menggunakan kartu kredit.

4.       Metodelogi pengembangan sistem akuntansi: *analisis sistem=> perencanaan sistem akuntansi. *desain sistem=> perancangan ide ide sistem akuntansi. *implementasi sistem => pelaksaan sistem akuntansi.


5.       Flowchart

6.       Perushaan menggunakan suatu formuir; jika ada transaksi yang harus dicatat,jika informasi tertentu harus dicatat berulang kali, jika informasi saling berhubungan perlu disatukan dalam tempat yang sama, jika dibutuhkan untuk menetapkan tanggungjawab terjadinya transaksi.


7.       Membuat formulir.

8.       Jurnal khusus dibuat untuk: mengklasifikasikan transaksi pembelian tunai/ kedit dan penjualan tunai dan kredit,untuk memudahkan transaksi yang frekuensinya tinggi/besar.


9.       Tujuan sistem pengendalian internal; menjaga kekayaan perusahaan, mengecek ketelitian dan keandalan data akuntansi, mendorong efisiensi, mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen.

10.    Pengendalian umum=> organisasi, prosedur dan standar untuk perubhan program,pengembangan sitem dan pengoperasian fasilitas pengolahan data. Pengendalian aplikasi => dirancang u/memenuhi persyaratan pengendalian khusus setiap aplikasi. Pengendalian preventif=> u/pencegahan, mis: no urut faktur. Pengendalian detektif=> u/pedeteksian , mis: penggunaan label pada barang.


http://fikiranbersama.blogspot.co.id/2017/06/sistem-akuntansi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Mengetahui Jenis Kelamin PC Anda

Cara Mengetahui Jenis Kelamin PC Anda Seperti yang kita ketahui, komputer, laptop ataupun netbook hanyalah seperangkat benda tak bernya...