Sabtu, 17 Februari 2018

Mengecek Hasil Instalasi Menggunakan Software (sampling)

          A. Paket Aplikasi Jaringan
    seperti yang kita ketahaui, ada beberapa sistem operasi open soure (bahasa pemrograman) yang menglengkapi Update data Paket aplikasi secara khusus seperti paket ".deb" Untuk debian, ".rpm" untuk Redhat atau Fedora, dan ".tgz" untuk free BSD. Ketika melakukan Instalasi paket aplikasi, sebaiknya proses instalasi dilakukan dari CD soure sistem yang lebih kompatibel dengan sistem operasi. DVD Instalasi sistem operasi debian sudah dilengkapi beberapa paket aplikasi yang mendukung terhadap jaringan, seperti :
     a. memonitor Kecepatan jaringan berbasis teks maupun  web, seperti aplikasi ifsat, iftop, mrtg,
         dan lain sebagainya;
     b. Web Adminstator;
     c. CUPS (Common Unix Printing System), yaitu aplikasi pendukung sistem operasi linux yanng 
         memungkinkan dapat menjadi server printer atau layanan driver printer;
     d. Firewall dengan Iptables;
     e. dukungan penggunaan IP Address Versi 6.
  
    Sebagai sistem Operasi yang penggunaannya ditujukan sebagai sebuah server dalam Jaringan, debian cukup Andal dalam menangani berbagai permasalahan yang muncul. Ifstat adalah sebuah utility yang berguana untuk menampilkan informasi dan statistik kecepatan kemampuan dan kapasitas sebuah interface (Netword Interface Car) dalam mentransmisikan data. Sedangkan, Iftop adalah utility yang digunakan untuk menampilkan lebar jalur data yang digunakan untuk transmisi data (Bandwith).
Dan masih ada Lanjutanya Silakan Menunggu.............................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Mengetahui Jenis Kelamin PC Anda

Cara Mengetahui Jenis Kelamin PC Anda Seperti yang kita ketahui, komputer, laptop ataupun netbook hanyalah seperangkat benda tak bernya...